Dosa Dan Maksiat Menjadikan Pelakunya Terhina Dihadapan Rabbnya

Dosa Dan Maksiat Menjadikan Pelakunya Terhina Dihadapan Rabbnya

Dosa Dan Maksiat Menjadikan Pelakunya Terhina Dihadapan Rabbnya.

Kemudian…….
Disebutkan oleh Ibnul Qoyyim Al-Jauziyyah dalam الجواب الكافي لمن سأل عن الدواء الشافي mengenai beberapa dampak buruk dari sebuah dosa, maksiat, dan kedholiman bagi para pelakunya baik di dunia maupun diakhirat. Diantaranya adalah (dengan beberapa tambahan singkat):

………

Ketujuh       :
Dosa Dan Maksiat Menjadikan Pelakunya Terhina Dihadapan Rabbnya.

Sahabat Mutiara Hikmah yang dirahmati oleh Alloh `Azza Wa Jalla,
Dengan Dosa Dan Maksiat Menjadikan Pelakunya Terhina Dihadapan Alloh `Azza Wa Jalla. Dan bila Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menghinakan seorang hamba, tidak ada seorang pun yang dapat memuliakannya.

[وَمَنْ يُهِنِ اللهُ فَمَا لَهُ مِنْ مُكْرِمٍ}  [ سُورَةُ الْحَجِّ : 18 }
“Barangsiapa yang dihinakan oleh Allah niscaya tidak ada seorang pun yang akan memuliakannya”.

Walaupun secara lahiriyah para  manusia begitu menghormatinya serta menyeganinya, namun perhormatan mereka hanyalah sebatas perasaan membutuhkan atas keperluan-keperluannya,  ataupun karena perasaan takut dari keburukan-keburukannya. Namun pada hakikatnya, di hati para manusia, mereka nampak dan hanya dianggap sebagai sesuatu yang rendah dan hina dina.

Oleh karena itu, dalam ayat lain dijelaskan :

مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْعِزَّةَ فَلِلَّهِ الْعِزَّةُ جَمِيعًا} [ سُورَةُ فَاطِرٍ : 10 ] أَيْ فَلْيَطْلُبْهَا بِطَاعَةِ اللَّهِ}
“Barangsiapa yang menginginkan kemuliaan, maka bagi Alloh-lah segala kemuliaan”

Maksudnya, bahwa barangsiapa yang menginginkan kemuliaan, maka jadilah seorang yang taat, yang senantiasa menjalankan segala perintah Alloh, serta menjauhi segala laranganNya.

Oleh karenanya, para salafus sholih senantiasa memanjatkan sebuah doa, yang semoga doa ini juga kita amalkan juga, yaitu  :

اللَّهُمَّ أَعِزَّنِي بِطَاعَتِكَ وَلَا تُذِلَّنِي بِمَعْصِيَتِكَ
“Ya Alloh, muliakanlah aku dengan ketaatanku padaMu, janganlah engkau hinakan aku dengan kemaksiatanku padaMu.

468 ad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>