“Kesetaraan Gender dari Berbagai Perspektif: Perempuan antara Fitrah dan Tuntutan”

“Kesetaraan Gender dari Berbagai Perspektif: Perempuan antara Fitrah dan Tuntutan”

“Kesetaraan Gender dari Berbagai Perspektif: Perempuan antara Fitrah dan Tuntutan”

“Kesetaraan Gender dari Berbagai Perspektif:
Perempuan antara Fitrah dan Tuntutan”

Seminar Regional Se‐Jateng‐DIY yang diselenggarakan oleh Lembaga Dakwah Kampus Koprs Dakwah Universitas Islam Indonesia (KODISIA) yang berada di bawah naungan Rektorat Universitas Islam Indonesia ini akan dilaksanakan, insyaAllah, pada hari Sabtu, 22 Desember 2012. Adapun tema yang diangkat dalam seminar ini adalah tentang “Kesetaraan Gender dari Berbagai Perspektif: Perempuan antara Fitrah dan Tuntutan”.

Dalam seminar ini, materi akan disampaikan oleh tiga orang pembicara yang ahli di bidangnya masing‐masing. Sebagai pemateri pertama, ada Ibu Dr. Aroma Elmina Martha, SH, MH yang akan menyampaikan materi tentang “Fenomena Gender Lintas Negara”. Dalam materi tersebut, beliau akan membahas tentang fenomena gender yang menyangkut tentang perempuan di beberapa Negara di dunia. Selain itu, beliau juga akan membahas pula kasus Manohara yang beberapa waktu lalu sempat heboh di media dan perlindungan hukum terhadap perempuan. Beliau sendiri, merupakan Dosen Tetap di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia dengan konsentrasi Hukum Pidana. Dalam Disertasi beliau di Universitas Indonesia, beliau mengangkat tema tentang KDRT yang dialami oleh perempuan dan memperbandingkan UU PKDRT di Indonesia dengan Malaysia. Selain itu, beliau juga aktif di Pusat Studi Gender Universitas Islam Indonesia.

Untuk pemateri kedua akan dibawakan oleh Bapak Thobagus Muhammad Mu’man, S.Psi, Psi dengan tema “Perempuan Korban Budaya?”. Dalam materi ini, beliau akan menyampaikan tentang kajian psikologi terhadap perempuan. Selain itu, beliau juga akan memperbandingkan sifat dasar antara laki‐laki dan perempuan. Lalu tentang fenomena sekarang, perempuan yang menuntut adanya kesetaraan juga akan dikupas dari sudut pandang beliau sebagai seorang akademisi yang fokus di kajian Psikologi Gender. Beliau sendiri, merupakan Dosen di Fakultas Psikologi dan Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia.

Sebagai pemateri di sesi terakhir, adalah Al-Ustadzah Azizah Ummu Yasir. Dalam forum ini nanti, beliau akan membahas tentang “Perempuan dalam Naungan Al Qur’an dan As-Sunnah”. Tentang bagaimana Islam memperlakukan perempuan; lalu tentang posisi laki‐laki dan perempuan dalam Islam yang sering disalah‐artikan oleh para pejuang kesetaraan gender dan yang lain, akan disampaikan oleh beliau, insyaAllah. Beliau sendiri merupakan lulusan dari Institut Daarul Hadits Yaman, selain juga beliau sempat aktif sebagai pengajar di sebuah Madrasah di sana. Sekarang, beliau aktif sebagai konsultan dan pemerhati masalah remaja dan rumah tangga. Beliau juga mengasuh sebuah website – www.mutiaraHikmah.com -tempat beliau berbagi ilmu dan juga menjawab pertanyaan‐pertanyaan para penanya terkait permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan hukum Islam. Beliau juga aktif mengisi kajian‐kajian di beberapa kampus di Yogyakarta dan sekitarnya.

Ada pun penyelenggaraan seminar ini bertempat di Gedung Kuliah Umum (GKU) dr. Sardjito yang berlokasi di komplek Universitas Islam Indonesia yang beralamat di Jalan Kaliurang KM 14,5 Sleman, DIY. Waktu penyelenggaraan akan dimulai, insyaAllah, pada pukul 8.00 WIB sampai dengan pukul 11.30 WIB.

Bagi Anda yang berminat untuk mengikuti jalannya seminar ini, terlebih dahulu Anda dapat mendaftarkan diri Anda dengan cara mengirimkan pesan singkat (SMS) dengan format : KODISIA_Nama Lengkap_Jurusan‐Universitas/Instansi ke nomor 085729352440 (Untuk Putra) atau 085727955909 (Untuk Putri).

Sifat acara ini terbuka untuk Umum Putra dan Putri dan GRATIS! Ada pun fasilitas yang akan diperoleh antara lain: Sertifikat, Seminat Kit, Snack, Ilmu, dan Teman Baru. Kami tunggu partisipasi Anda dan jangan sungkan mengajak teman‐teman Anda.

468 ad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>