Dosa Dan Maksiat Berbuah Galau

Dosa Dan Maksiat Berbuah Galau

Dosa Dan Maksiat Berbuah Galau

Pertama :
Dosa Dan Maksiat Mengakibatkan Kegalauan, Kegundahan, Serta Kegelisahan Jiwa

Menurut Syaikh ‘Aidh Al-Qarni, dampak yang satu ini merupakan dampak yang paling menonjol dan langsung dapat dirasakan oleh para pelakunya, berdasarkan firman Allah Ta`ala :

وَمَنْ أَعْرَضَ عَنْ ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنْكًا وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى قَالَ رَبِّ لِمَ حَشَرْتَنِي أَعْمَى وَقَدْ كُنْتُ بَصِيرًا قَالَ كَذَلِكَ أَتَتْكَ آيَاتُنَا فَنَسِيتَهَا وَكَذَلِكَ الْيَوْمَ تُنْسَى
“Dan Barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, Maka Sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam Keadaan buta”. Berkatalah ia: “Ya Tuhanku, mengapa Engkau menghimpunkan aku dalam Keadaan buta, Padahal aku dahulunya adalah seorang yang melihat?”. Allah berfirman: “Demikianlah, telah datang kepadamu ayat-ayat Kami, Maka kamu melupakannya, dan begitu (pula) pada hari ini kamupun dilupakan”. (QS.Thaha: 124-126).

Datangnya kegalauan, kegundahan, serta kegelisahan hati merupakan pertanda akan hilangnya ketenangan jiwa. Harta, kekayaan, kekuasaan, kedudukan, serta segala bentuk pencapaian hidup yang diraih oleh seseorang jika tidak disertai dengan ketenangan jiwa maka hanya akan menjadi sebuah kehampaan semata, dan tidak akan pernah terasa bernilai sedikitpun.

Bersambung…….

468 ad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>